news
Langganan

Peneliti BRIN Sebut Orang Sunda Paham Astronomi sejak Zaman Dulu

by Newswire  - Espos.id News  -  Jumat, 27 September 2024 - 16:11 WIB

ESPOS.ID - Jam Astronomi Praha dari jarak dekat. (Istimewa)

Esposin, BANDUNG -- Peneliti dari Pusat Riset Manuskrip, Literatur dan Tradisi Lisan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Agus Heryana, mengungkapkan ilmu astronomi telah dipahami oleh masyarakat suku Sunda sejak zaman dahulu.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya manuskrip Sunda yang mewartakan keberadaan benda-benda langit dalam bentuk aplikatif dan spiritual, di mana matahari, bulan, bintang, awan, dan langit sering kali menjadi penunjuk arah, baik tempat maupun waktu. Serta sistem penanggalan yang dimanfaatkan untuk menentukan sebuah pekerjaan atau peruntungan, khususnya pada naskah Paririmbon.

Advertisement

"Dalam pandangan spiritual, keberadaan benda-benda langit digunakan untuk mengekspresikan perjalanan ruh atau atman manusia dalam mencapai kebahagiaan tertinggi dengan Tuhannya. Hubungan manusia dengan Tuhan dijalin melalui ciptaan-Nya, yakni alam semesta," kata Agus dalam diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

Agus memaparkan, manuskrip Sunda bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, yaitu agama, bahasa, hukum/aturan, kemasyarakatan, mitologi, pendidikan, pengetahuan, primbon, sastra, sastra sejarah, sejarah, dan seni.

Advertisement

Berkaitan dengan tema astronomi dalam manuskrip, jelas dia, hingga kini belum ada penelitian yang berhasil mendapatkan manuskrip yang membahas secara penuh dan khusus mengenainya.

"Bahasannya cenderung tersebar dalam bentuk ungkapan-ungkapan metafora atau majas, perbandingan untuk menjelaskan tentang sesuatu hal," terangnya sebagaimana dikabarkan Antara

Advertisement

Dalam manuskrip Sunda, kata Agus, telah dilakukan penelusuran hal-hal baru terkait pengetahuan astronomi. Manuskrip tersebut ditulis pra-Islam sekitar abad 14-15 yang dilanjutkan dengan masa-Islam.

Ia menyebut, ada tiga manuskrip pra-Islam yang terpilih, yaitu: Siksakanda Karesian, Sewaka Darma, dan Bujanggamanik. Sedangkan naskah masa-Islam adalah Wawacan Pandita Sawang, Paririmbon, dan Gandasari, di mana Paririmbon merupakan naskah pengetahuan lokal masyarakat Sunda.

Masyarakat Sunda, kata Agus, juga mencatat nama-nama benda langit seperti panonpoe (matahari), bulan, béntang (bintang), langit, katumbiri (pelangi), mega (awan), akasa/awang-awang (angkasa), awun-awun (awan paling atas), alak paul (langit tertinggi), teja (sinar), kilat, guludug (petir), gelap, dan kingkilaban (kilat di malam hari).

Ia menjelaskan, keseluruhan benda langit yang secara jelas terlihat dengan mata telanjang tersebut posisinya berada di atas, maka untuk melihatnya diperlukan gerakan kepala ke atas dengan cara mendongakkan kepala.

"Posisi benda-benda langit yang berada di atas dalam manuskrip digunakan untuk menempatkan makhluk-makhluk yang dianggap suci. Langit merupakan representasi ketinggian dan kesucian yang tak terjangkau," ungkap Agus.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : BRIN Astronomi Sunda
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif