news
Langganan

Pagi Ini, Rupiah Menguat 15 Poin - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Jibi Solopos Antara  - Espos.id News  -  Senin, 28 Januari 2013 - 09:36 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS bergerak menguat pada Senin (28/1/2013) pagi sebesar 15 poin seiring dengan penjagaan Bank Indonesia (BI).

Advertisement

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta bergerak menguat sebesar 15 poin menjadi Rp9.650 dibanding posisi sebelumnya Rp9.665 per dolar AS.

Pengamat pasar uang ,Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih, di Jakarta, hari ini mengatakan, nilai tukar rupiah bergerak menguat seiring dengan penjagaan BI.

"Meski demikian, rupiah masih rentan untuk tertekan, kecuali dengan penjagaan BI bisa bertahan di kisaran antara Rp9.650-Rp9.670 per dolar AS," kata dia.

Advertisement

Menurut dia, potensi pelemahan rupiah masih bersumber dari dalam negeri terutama seiring dengan kekawatiran dari membesarnya defisit neraca perdagangan yang secara kumulatif dari Januari-November 2012 tercatat senilai 1,3 miliar dolar AS.

"Defisit neraca perdagangan ini membuat suplai dolar AS neto menurun, disaat yang sama permintaan dolar AS meningkat karena ada kewajiban-kewajiban pembayaran utang yang biasanya jatuh tempo pada akhir triwulan," katanya.

Analis Trust Securities Reza Priyambada menambahkan, positifnya data-data ekonomi Eropa dan sentimen pengetatan kebijakan moneter bank sentral Eropa (ECB) yang terjadi lebih cepat membuat nilai tukar euro mengungguli dolar AS.

Advertisement

"Apresiasi itu diperkirakan mendorong mata uang Asia termasuk rupiah," tambahnya.

Advertisement
Tutut Indrawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif