Esposin, SOLO -- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengadakan pengecekan kualitas layanan telekomunikasi menjelang Hari Raya Lebaran bersama seluruh penyelenggara telekomunikasi dengan rute Semarang – Surabaya dimulai pada Senin (29/7/2013) hingga Selasa (30/7/2013).
Rute lengkap pengecekan kualitas layanan telekomunikasi dimulai dari Halaman Balmon menuju Jl. Siliwangi, Tugu Muda, Simpang Lima, Majapahit, Tol Gayamsari, Sukun, Ungaran, Bawen, Alun-alun Salatiga kemudian masuk ke wilayah Boyolali, Kota Solo, Stadion Manahan Solo, Sragen, Mantingan, Ngawi, Madiun, Sarangan, Nganjuk, Kertosono, Jombang menuju Alun-alun Mojokerto dan berakhir di Masjid Al-Akbar Surabaya.
Promosi Kisah Perempuan Hebat Agen BRILink Dorong Literasi Keuangan di Medan
Corporate Communications PT. Telkomsel Jateng DIY, Agus Budi Prasetiyono, mengatakan dalam kegiatan ini, Telkomsel dipercaya oleh BRTI dan Balmon sebagai koordinator dalam pengecekan signal.
“Kami mengajak seluruh operator yang ada di Jawa Tengah seperti Telkom, Indosat, SmartFren, Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT), Bakrie Telecom, Natrindo Telepon Selular (NTS), XL Axiata dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI),” kata Agus, kepada Slopos.com, Senin (29/7/2013).
Pengecekan kulaitas jaringan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi menjelang musim arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2013. Tujuan dari pengecekan ini adalah agar pada saat Lebaran nanti, baik sebelum maupun sesudahnya, layanan telekomunikasi dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat.
Pengecekan yang dilakukan meliputi kemampuan call attempts, blocked call, dropped call, % success call, % dropped call, success SMS, dan download data.
Komisioner BRTI, Didik Akhmadi, mengatakan pengecekan kualitas layanan komunikasi pada lebaran tahun ini bertujuan menjamin bahwa layanan kebutuhan masyarakat akan komunikasi dapat terpenuhi dengan baik mulai dari SMS, telpon dan internet.
Pengecekan kualitas layanan data pada tahun ini dikarenakan kebutuhan internet semakin meningkat seiring dengan tumbuhnya pengguna smarthphone. “Untuk itu antisipasi lonjakan trafik perlu dilakukan, terutama pada pusat keramaian mudik seperti di pelabuhan, terminal bus, bandara serta titik-titik kemacetan arus mudik atau balik,” ujar Didik.
General Manager ICT Operation Region Jawa Tengah-DIY, Ustriklanov Z. Titus, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan menjaga kualitas jaringan baik SMS, telpon maupun penggunaan akses internet di saat lebaran tahun ini.