news
Langganan

MARK ZUCKERBERG KE INDONESIA : Seharian Bersama Jokowi, Ini Kisah Bos Facebook - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Redaksi  - Espos.id News  -  Selasa, 14 Oktober 2014 - 05:40 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Esposin, JAKARTA – Mark Zuckerberg, bos Facebook ke Indonesia. Salah satu agendanya bertemu Jokowi.

Blusukan ala Presiden Terpilih Joko Widodo ternyata populer tidak hanya di dalam negeri saja, melainkan hingga ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Buktinya, CEO dan Founder situs jejaring sosial Facebook Mark Zuckerberg sampai meminta diajak blusukan saat bertemu dengan Jokowi di kantornya Balai Kota. Setelah pertemuan tertutup yang diadakan di ruangan Gubernur DKI selama kurang lebih satu jam, Jokowi dan Mark segera menuju Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan menggunakan mobil yang sering digunakan Jokowi blusukan, yaitu Toyota Innova berwarna hitam dengan plat nomor B 1124 BH.

Advertisement

Dengan dikawal rombongan pasukan pengamanan presiden (paspamres), keduanya tiba di Blok A Pasar Tanah Abang sekitar pukul 10.15. Warga yang berada di pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, baik penjual maupun pembeli, dalam waktu sekejap segera mengerubuti keduanya.

Warga sangat antusias untuk sekedar dapat menyalami keduanya atau sekedar mengambil gambar. Jokowi mengatakan Mark memberitahunya bahwa dia mengetahui kebiasaan blusukan yang sering dilakukan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini dari berita-berita yang diunggah di situs jejaring Facebook oleh para penggunanya.

Selain itu, Mark juga sempat bertanya mengenai konsep blusukan. “Saya sampaikan bahwa blusukan itu turun ke lapangan, menemui warga secara langsung,” ucap Jokowi seusai blusukan, Senin (13/10/2014).

Advertisement

Tanah Abang Pasar Tanah Abang dipilih Jokowi sebagai tujuan blusukan bersama Mark karena jaraknya yang dekat dari Balai Kota. Mantan Walikota Kota Solo ini mengajak Mark berkeliling melihat-lihat kios pedagang dan barang dagangan yang berada di pusat grosir pakaian Blok A.

Namun, hanya sekitar lima belas menit Gubernur DKI dan pria asal California itu melakukan blusukan. Selain karena padatnya agenda kegiatan, Mark juga terlihat lelah dan kepanasan karena dikerubuti para warga.

Ditambah, Mark mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi ketika blusukan.

Advertisement

“Baru lima menit blusukan langsung capek dia (Mark),” kata Jokowi. Pria bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini terlihat banjir keringat saking banyaknya orang yang mengerubutinya. Kendati terlihat capek dan kebinggungan, bos Facebook tersebut tetap ramah dan tersenyum kepada tiap warga yang mendekat atau meminta salaman. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN) Heru Budi Hartono menceritakan Mark terkesan dengan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk sekedar bersalaman dengan Jokowi dan dirinya.

“Blusukan tadi kan dadakan, kita enggak bikin-bikin. Itu yang bikin Mark terkesan,” kata Heru. Blusukan yang dilakukan Jokowi dan Mark kali ini juga berkaitan dengan pembicaraan yang dilakukan keduanya terkait fungsi Facebook yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mempromosikan produk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Inisiatif Global Kedatangan Mark Zuckerberg sendiri ke Indonesia adalah untuk memperkenalkan inisiatif global tentang internet.org yang bertujuan mengurangi hambatan warga dalam mengakses internet.

Selain mengunjungi Jokowi, pria yang akrab disapa Zuck ini juga diagendakan untuk bertemu beberapa pejabat dan kementerian, salah satunya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Anisa Sulistyo Rini/JIBI/Bisnis)

Advertisement
Rini Yustiningsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif