Kanalsemarang.com, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia mulai menjual tiket KA untuk masa arus mudik Lebaran 2015 melalui kanal penjualan tiket internal, eksternal, internet, dan aplikasi telepon pintar (smartphone).
Promosi BRI Dampingi Petani Jeruk Semboro di Jember Terapkan Pertanian Berkelanjutan
"Penjualan tiket mudik lebaran ini dimulai sejak dini hari tadi, pukul 00.00 WIB. Tiket yang dijual hari ini adalah tiket mudik untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau tanggal 7 Juli 2015," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (8/4/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.
Selanjutnya, kata dia, penjualan tiket mudik untuk H-9 Lebaran dilaksanakan pada hari Kamis (9/4/2015) dan seterusnya hingga tiket untuk keberangkatan pada hari H Lebaran atau 17 Juli akan dibuka penjualannya pada tanggal 18 April 2015.
Sementara untuk penjualan tiket arus balik, lanjut dia, akan dibuka mulai tanggal 20 April 2015 untuk keberangkatan H+1 lebaran atau 19 Juli dan seterusnya.
Kendati demikian, dia mengatakan bahwa penjualan atau pemesanan tiket melalui loket stasiun setiap harinya dibuka pada pukul 07.00-19.00 WIB.
"Kalau penjualan tiket melalui kanal eksternal seperti agen dan minimarket maupun internet dan aplikasi 'smartphone' dibuka setiap hari mulai pukul 00.00 WIB. Kami anjurkan masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket mudik melalui kanal eksternal karena loket stasiun baru dibuka pukul 07.00 WIB sehingga sangat dimungkinkan tidak kebagian tiket," katanya.
Dalam hal ini, kata dia, pemesanan tiket melalui internet dapat dilakukan dengan mengakses laman http://tiket.kereta-api.co.id, http://www.tiket.com, http://www.tiketkai.com, dan http://www.padiciti.com.
Pemesanan Online
Sementara untuk pemesanan melalui telepon pintar Blackberry dan iOS, kata dia, dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi KAI Access dan Padiciti, sedangkan pengguna Android bisa memakai aplikasi KAI Access, Padiciti, Naik Kereta, dan Tiket Kereta Api.
"Masyarakat juga bisa memesan tiket melalui contact center 121 dengan menghubungi nomor panggilan 121 melalui telepon rumah atau 021-121 jika menggunakan telepon seluler," katanya.
Guna memaksimalkan pelayanan pemesanan tiket melalui contact center 121, kata dia, PT KAI telah menyiapkan 188 saluran yang terdiri atas 180 saluran digital dan delapan saluran analog, sedangkan penjualan tiket KA melalui minimarket telah mencapai 10.000 gerai.