news
Langganan

KPK VS POLRI : "Pimpinan Baru KPK Sebaiknya Umumkan Masa Lalunya" - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Lili Sunardi Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Jumat, 20 Februari 2015 - 12:15 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi KPK (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

KPK vs Polri masih hangat dibicarakan. Pimpinan baru KPK dinilai sebaiknya mengumumkan masa lalunya.

Esposin, JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus mengumumkan apa yang telah dilakukannya dalam pemberantasan korupsi untuk menghindari konflik kepentingan saat menangani kasus dugaan korupsi.

Advertisement

Pelaksana tugas Wakil Ketua KPK, Johan Budi Sapto Prabowo, mengatakan Pimpinan KPK saat ini sebaiknya mengumumkan apa yang telah dilakukan sebelumnya untuk menghindari kecurigaan publik.

"Tentu saya tidak dapat menilai sesama pimpinan KPK, tetapi sebaiknya diumumkan dulu pernah melakukan apa saja," katanya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/2/2015).

Johan menuturkan hanya publik yang dapat menilai independensi pimpinan KPK saat ini, termasuk Indriyanto Seno Adji yang sempat menjadi pengacara kasus Century, dan Taufiequrachman Ruki yang dianggap tidak memiliki prestasi saat memimpin KPK pada era pemerintahan Megawati Soekarno putri.

Advertisement

Seperti diketahui, sejumlah penggiat antikorupsi sempat mengkritisi pengangkatan Ruki dan Indriyanto sebagai pelaksana tugas Pimpinan KPK. Pengangkatan kedua orang tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja lembaga tersebut.

Sementara itu, Indriyanto Seno Adji mengatakan dirinya akan bekerja profesional sebagai komisioner lembaga antirasuah itu.

"Itu masa lalu, kami akan melihat ke depan sebagai Komisoner KPK. Kami akan bertindak profesional sebagai Komisioner," ujarnya.

Advertisement

Dia menuturkan akan mengundurkan diri dari rapat pimpinan apabila membahas persoalan yang menyebabkan konflik kepentingan dengan dirinya.

 

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif