news
Langganan

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024 - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Chelin Indra Sushmita  - Espos.id News  -  Jumat, 8 Desember 2023 - 14:51 WIB

ESPOS.ID - Calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) mengambil undian nomor urut pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Pasangan Capres dan Cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, untuk pasangan Capres dan Cawapres dari koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut dua sedangkan untuk pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendapat nomor urut tiga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Esposin, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat para kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Jadwal debat capres cawapres ini dilaksanakan sebanyak lima kali dengan lima tema berbeda.

Debat capres-cawapres 2024 akan digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024, dan satu kali pada Februari 2024.

Advertisement

Adapun lokasi debat kemungkinan akan berlangsung di Jakarta. KPU mempertimbangkan jika digelar di luar Jakarta, akan ada masalah mobilisasi.

"Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Advertisement

"Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Nantinya, debat perdana yang dijadwalkan pada Selasa, 12 Desember 2023, akan berlangsung di Kantor KPU RI. Namun, untuk debat di waktu yang lain, masih belum diketahui pasti.

Berdasarkan keterangan Hasyim Asy'ari, kelima debat Pilpres 2024 dibagi kembali menjadi dua proporsi, yakni tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

Advertisement

Debat pertama

Acara ini digelar untuk calon presiden (capres) pada Selasa 12 Desember 2023. Adapun tema yang diangkat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat kedua

Advertisement

Acara ini digelar untuk calon wakil presiden (cawapres) padaJumat 22 Desember 2023. Tema yang diusung adalah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga

Acara ini kembali digelar untuk capres pada Minggu 7 Januari 2024. Kali ini, para capres akan menyampaikan gagasan berkaitan dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Advertisement

Debat keempat

Acara ini kembali mempertemukan para cawapres. Mereka akan beradu argumen yang berkaitan dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa, pada Minggu 14 Januari 2023.

Debat kelima

Debat pamungkas ini kembali mempertemukan para capres dalam satu podium. Acara yang digelar 4 Februari 2024 ini mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif