news
Langganan

SOLO BATIK CARNIVAL: Hotel Batal Bikin Paket Khusus - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Hijriyah Al Wakhidah Jibi Solopos  - Espos.id News  -  Selasa, 29 Mei 2012 - 22:58 WIB

ESPOS.ID - SBC 2011 (Sunaryo Haryo Bayu/Espos/dok)

SOLO--Beberapa hotel di Solo memutuskan batal membuat paket Solo Batik Carnival (SBC) V. Partisipasi hotel hanya sebatas menjualkan tiket SBC saja.

Advertisement

General Manager (GM) Omah Sinten, Slamet Rahardjo, menyampaikan pihaknya tidak ingin berspekulasi dengan teknis penyelenggaraan SBC tahun ini yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari. “Maka, kami memutuskan peran serta kami dalam ajang SBC ini hanya sebatas menjualkan tiket saja. Kami tidak jadi membuat paket,” kata Slamet, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (29/5/2012).

Slamet mengatakan, penyelenggaraan SBC tahun ini akan menjadi pertimbangan bagi hotel untuk membuat paket SBC tahun depan. Pihaknya berharap penyelenggara bisa konsisten dengan konsep yang saat ini agar ajang ini bisa dijual. “Kalau untuk penyelenggaraan tahun ini, kami belum berani buat paket,” kata dia.

Slamet mengaku banyak calon tamu dari Malaysia yang menanyakan paket SBC. Tapi, pihaknya hanya bisa memberi satu alternatif. “Kami tidak buat paket. Bagi pembeli tiket VVIP yang harganya Rp200.000 per tiket, kami beri diskon Rp50.000. Dan kami tidak menyediakan jasa pengantaran ke lokasi stadion.” Dia menggambarkan, SBC tahun lalu panggung VIP Omah Sinten berada di dekat hotel di tepi Jl Slamet Riyadi.

Advertisement

“Saat itupun tamu kami kesulitan menjangkau titik lokasi karena penonton sudah sangat padat. Apalagi sekarang di stadion. Dari panitia sendiri tidak ada jaminan kenyamanan masuk ke lokasi.”

Selain itu, juga mengenai tiket online yang masih harus ditukar di lokasi penyelenggaraan SBC. “Birokrasinya terlalu rumit.”

Sales Manager Hotel Indah Palace, Bambang Gunadi juga menyampaikan hal yang sama. “Khusus hotel kami, memang hanya akan membantu panitia menjualkan tiket SBC ke tamu hotel. Jadi, kalau ada tamu yang menginap di hotel kami pada saat penyelenggaraan SBC akan kami tawari tiket. Tapi, tiket itu terpisah dari paket room.”

Advertisement

Menurut dia, jika dijadikan satu paket maka kesannya akan terlalu mahal. Mengingat, harga tiket SBC sudah termasuk fasilitas-fasilitas seperti makan malam dari panitia.

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif