news
Langganan

BANDARA KUALA NAMU : Sayonara Bandara Polonia Medan - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Sukirno Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Kamis, 25 Juli 2013 - 02:17 WIB

ESPOS.ID - Bandara Polonia Medan ditutup secara resmi Rabu (24/7/2013). (Andi Rambe_JIBI_Bisnis)

Bandara Polonia Medan ditutup secara resmi Rabu (24/7/2013) tengah malam. (Andi Rambe_JIBI_Bisnis)

Esposin, MEDAN — Tidak seperti biasanya, tengah malam di Bandara Polonia masih terjadi keriuhan. Keramaian tersebut terjadi karena Rabu (24/7/2013) tengah malam adalah malam terakhir Bandara Polonia Medan didarati pesawat sipil dan komersil.

Advertisement

Bandara Internasional Polonia Medan secara resmi ditutup tepat tengah malam itu. Sebanyak 16 pesawat diboyong dalam operasi Boyong Naga Bonar ke Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) sekaligus menandai operasional bandara yang telah 93% selesai dibangun itu.

Tampak dalam keriuhan di Bandara Polonia itu Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Dirjen Perhubungan Udara Herry Bhakti, Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko, Anggota Komisi I DPR dan para pemangku kebijakan lainnya. Para pejabat tersebut berkumpul di ruang VIP Bandara Polonia.

Wamenhub sempat meninjau persiapan boyongan di Bandara Polonia. Kerumunan wartawan lokal dan nasional tampak berjubel di Bandara Polonia. Dua pendaratan terakhir di Bandara Polonia adalah pesawat Lion Air JT-218 yang terbang dari Jakarta. Pilot dan seluruh kru diberi kalungan karangan bunga dan kain ulos oleh para pejabat yang hadir. Setelah Lion Air itu, pendaratan terakhir di Polonia adalah pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ-7803 dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Advertisement

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menegaskan Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) telah siap beroperasi Kamis (25/7/2013 pukul 00.01 WIB. Bandara itu menggantikan Bandara Internasional Polonia yang ditutup Rabu (24/7/2013) pukul 24.00 WIB. "Malam ini untuk pemindahan sudah bisa dilakukan, kesiapan Kuala Namu untuk operasi sesuai pemenuhan standar penerbangan sudah," ujarnya kepada Esposin, Rabu malam .

Pada Kamis pagi, penerbangan sudah dilakukan melalui Bandara Kuala Namu. Pesawat yang akan terbang perdana dari Kuala Namu adalah Garuda Indonesia, pada pukul 05.10 WIB, tujuan Jakarta. Sedangkan pendaratan perdana di Kuala Namu dijadwalkan pada pukul 06.00 WIB untuk penerbangan dari Jakarta juga oleh maskapai pelat merah tersebut.

Advertisement
Advertisement
Rahmat Wibisono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif