news
Langganan

BANDARA KUALA NAMU : Wamenhub Nyatakan Operasi Sudah Siap - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Sukirno Jibi Bisnis Indonesia  - Espos.id News  -  Rabu, 24 Juli 2013 - 20:10 WIB

ESPOS.ID - Pekerja memindahkan sebuah mesin ATM dari Bandara Polonia, Medan, Rabu (24/7/2013) terkait pemincahan operasional semua penerbangan sipil ke Bandara Internasional Kuala Namu. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Pekerja memindahkan sebuah mesin ATM dari Bandara Polonia, Medan, Rabu (24/7/2013) terkait pemincahan operasional semua penerbangan sipil ke Bandara Internasional Kuala Namu. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Esposin,

MEDAN - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menegaskan Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) telah siap beroperasi malam ini, Kamis (25/7/2013) pukul 00.01 WIB.

Advertisement

Bandara ini akan menggantikan Bandara Internasional Polonia yang akan ditutup pada Rabu malam (24/7/2013) pukul 24.00 WIB. "Malam ini untuk pemindahan sudah bisa dilakukan, kesiapan Kuala Namu untu operasi sesuai pemenuhan standar penerbangan sudah," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (24/7/2013) malam.

Dia mengatakan kesiapan KNIA memang masih ada hal-hal yang harus diperbaiki. Antara lain penyelesaian interior bandara, kelengkapan tanda-tanda dan landscape bandara masih terus diselesaikan. Pada Rabu malan, sambungnya, dalam pelaksanaan Operasi Boyong Naga Bonar terdapat 3 skenario yang akan dijalankan. Pertama, Bandara Polonia akan ditutup terlebih dahulu setelah penerbangan terakhir.

Skenario kedua, kata dia, akan ada penerbangan pesawat tanpa penumpang atau ferry flight dari Polonia ke Kuala Namu. Kemudian ketiga, Bandara Kuala Namu resmi beroperasi dengan penerbangan perdana adalah Garuda Indonesia pukul 05.10 WIB dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta.

Advertisement

Bambang yang tiba bersama rombongan dari Jakarta menaiki pesawat khusus Kemenhub langsung mendarat di Kuala Namu. Pendaratan tersebut sekaligus untuk kalibrasi instrumen bandara KNIA. "Untuk kesiapan iya, kesempurnaan operasi akan dilakukan bertahap, sistem bagasi, sudah berjalan, akan ada penyempurnaan-penyempurnaan," jelasnya.

Advertisement
Advertisement
R. Bambang Aris Sasangka - journalist, history and military enthusiast, journalist competency assessor and trainer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif