news
Langganan

Airlangga: Ekonomi Kreatif Antarkan RI Jadi Pusat Inovasi Global

by Newswire  - Espos.id News  -  Jumat, 27 September 2024 - 19:22 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi anak muda merintis usaha. (Freepik)

Esposin, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai ekonomi kreatif yang tengah digiati anak muda mempunyai potensi untuk membawa Indonesia menjadi pusat inovasi global.

Pemerintah juga menyadari populasi generasi muda yang dimiliki Indonesia saat ini merupakan aset berharga bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Advertisement

"Masa depan industri kreatif Indonesia cerah. Stabilitas ekonomi, populasi generasi muda dan kreatif, serta warisan budaya yang kaya memberikan landasan yang kokoh bagi pertumbuhan," ujar Airlangga dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

Nilai tambah ekonomi kreatif pada tahun 2024 ditargetkan mencapai Rp1,347 triliun. Subsektor utama yang mendorong pertumbuhan tersebut meliputi kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan lain-lain, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, dan menciptakan lebih dari 20 juta lapangan kerja. Pertumbuhan ini memperkuat posisi Indonesia dalam ekspor global.

Advertisement

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan, pergeseran global menuju digitalisasi dan inovasi juga telah menciptakan peluang baru bagi sektor kreatif di Indonesia, termasuk film, musik, animasi, gim, fesyen, dan seni digital.

Munculnya teknologi seperti kecerdasan artifisial (artificial intellegence/AI), realitas virtual (virtual reality/VR), dan blockchain mengubah cara konten kreatif diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi.

Advertisement

“Indonesia harus memanfaatkan momen ini dengan mengoptimalkan kemajuan-kemajuan teknologi ini dan mengintegrasikan ke dalam industri kreatif,” katanya sebagaimana dilansir Antara

Keberagaman budaya Indonesia yang luas juga merupakan kekuatan lain yang dapat mendorong industri kreatif Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi hingga turut mewarnai kancah global.

Airlangga mengungkapkan bahwa dengan memanfaatkan aset budaya Indonesia yang unik dan menggabungkannya dengan teknologi modern, Indonesia memiliki peluang untuk mengembangkan produk dan layanan kreatif kelas dunia yang dapat diterima secara global.

Ia juga menegaskan bahwa untuk mengoptimalkan potensi industri kreatif, tidak hanya mendorong kreativitas, tetapi juga perlu didukung dengan kerja sama yang kuat antara Pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan.

Kerja sama tersebut berperan penting dalam membangun ekosistem kreatif yang tidak hanya berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia tetapi juga mempromosikan budaya dan kreativitas Indonesia di panggung global.

“Dengan menghubungkan para pelaku industri dengan investor, pembuat kebijakan, dan pemimpin pemikiran, kita dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif dan memposisikan Indonesia sebagai pusat inovasi global,” pungkas Airlangga.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Ekonomi Ekonomi Kreatif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif